Rabu, 30 Januari 2013

sejarah candi borobudur


Sejarah Candi Borobudur Secara Detail


Rabu, 07 November 2012 | 5:17:00 PM

Sejarah Candi Borobudur Secara Detail - Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Setelah sebelumnya kita bahas tentang sejarah ka'bah dan sejarah manusia purba, nah sekarang kita bahas secara detail tentang sejarah candi borobudur.

Sebagai mantan dari tujuh keajaiban dunia, sejarah candi borobudur dibangun dengan menggunakan +/- 55.000 m3 batu. Tinggi bangunan ini sampai kepuncak adalah 42m, dengan lebar dasar 123 m. Tegak dan kokoh menjulang keangkasa dan merupakan bagian dari sejarah yang telah berumur 12 abad. Kapan pastinya candi ini didirikan tidak diketahui dengan pasti. Tidak adanya bukti-bukti tertulis menyebabkan Borobudur penuh kegelapan. 
Sejarah Candi Borobudur Secara Detail
Sejarah Candi Borobudur Secara Detail
Penentuan umur dilakukan dengan memperhatikan dasar corak bangunan candi dan ukir-ukirannya yang menunjukkan corak Jawa tengah abad 8 masehi. Sejak dibangun pada abad ke 8, sejarah borobudur timbul tenggelam. Setelah selesai dibangun, borobudur menjadi pusat penelitian dan pemngembangan agama budha. Para pemeluk agama ini, mengunjungi Borobudur untuk mempelajari agama budha. 

Sumber Artikel Dari : http://www.info-asik.com/2012/11/sejarah.candi.borobudur.html#ixzz2JXE7Kbrc

0 komentar:

Poskan Komentar